Sunday, December 27, 2009

Sumini

Informasi perihal saya berasal dari akta lahir saya. Saya memiliki dua bahasa dalam akta ini yaitu bahasa Indonesia dan di terjemahkan dalam bahasa Belanda. Dalam akta ini, hanya ibu kandung saya yang di sebutkan. Yaitu : Sumini.

Berdasarkan akta, Sumini tinggal di Palembang :
Jalan Jendral Sudirman 3105B, RT31, Desa 20 Ilir III, Kecamatan Ilir Timur I

Selanjutnya, saya mengetahui Sumini seorang pekerja wanita ( beberapa tempat sebagai buruh), dan pada saat mau melahirkan saya, beliau pindah sementara ke Jakarta :

Jalan Utan Kayu RT0013 RW011

Ada 2 alamat yang dapat dijadikan petunjuk :
Sesuai dengan kiriman sebelumnya, saya sudah melakukan penyelidikan. Dilakukan oleh Yayasan Belanda bernama Wereldkinderen (terjemahaan : Children of the world).Yayasan mendapatkan informasi yang berguna tentang kedua alamat ini di Palembang dan Jakarta.

Jalan Jendral Sudirman 3105, Palembang
Tahun 1982, Jalan Jendral Sudirman 3105 di Palembang dimiliki oleh keluarga Lishalim. Ibu Lishalim adalah pemilik bangunan 3105A. Anak bungsunya memiliki Ujang Solichin memiliki bangunan 3105B. Keduanya sudah meninggal dunia. Anak dari ibu Lishalim tidak mengetahui mengenai Sumini. Mengenai Ujang Solichin, saya hanya mengetahui bahwa dia memiliki istri bernama Ani, suku Jawa.

Oleh karena itu, saya mencari seseorang yang mengetahui sesuatu tentang :
  • Jalan Jendral Sudirman 3105 di Palembang sekitar tahun 1982;
  • Mrs Lishalim, pemilik bangunan 3105A;
  • Ujang Solichin (dan istrinya Ani), pemilik bangunan 3105B;
  • Apapun yang berhubungan dengan Sumini.
Jalan Utan Kayu RT0013 RW011, Jakarta
Area sekitar Utan Kayu Jakarta, sudah di rekstruktur sejak saya lahir. Sehingga, alamat yang saya punya sudah lama tidak cocok dengan dengan alamat sekarang. Bagaimanapun ada sesuatu yang aneh mengenai alamat ini. Menurut Wereldkinderen RT 0013 tidak pernah ada di Utan Kayu. Saya tahu, bagaimanapun juga nama dari karyawan kantor Lurah Utan Kayu. Namanya Adang Djumanta; dia juga yang menandatangani akta kelahiran saya.
Singkatnya : saya mencari informasi :
  • Alamat Utan Kayu RT0013 RW011 di Jakarta;
  • Bapak. Adang Djumanta.
Demikian informasi tentang alamat yang penting didalam akta kelahiran saya.
Apabila anda menemukan sesuatu hal yang saya sebutkan diatas, jangan ragu untuk memberikan komentar atau kirim email.

post berikutnya: Yayasan Mulia


bahasa Inggris:
The information known to me, are the documents concerning my birth. I have both an Indonesian and a translated Dutch version. In these papers, only my biological mother is mentioned. Her name: Sumini.

According to the documents, Sumini lived in Palembang:
Jalan Jendral Sudirman 3105B, RT31, Desa 20 Ilir III, Kecamatan Ilir Timur I


Further, I know Sumini was a working woman (somewhere on the payroll) and, at the time of my birth, she had a temporary accomodation in Jakarta:
Jalan Utan Kayu RT0013 RW011


These two addresses could hold my first clues.
As I told you in my previous post, I already had some research done. Amongst others, research was done by a Dutch foundation named Wereldkinderen (freely translated: Children of the world). The foundation came up with some useful information about the addresses in Palembang and Jakarta.

Jalan Jendral Sudirman 3105B, Palembang
Back in 1982, Jalan Jendral Sudirman 3105 in Palembang was owned by a family Lishalim. Mrs Lishalim was the owner of building 3105A, her younger brother Ujang Solichin owned building 3105B. Both Mrs Lishalim and Ujang Solichin have past away by now. The children of Mrs Lishalim don't know anything about a certain Sumini. Regarding Ujang Solichin I only know he had a wife named Ani, a Javanese woman.

Therefore, I'm looking for someone who knows anything about:

  • Jalan Jendral Sudirman 3105 in Palembang around 1982;
  • Mrs Lishalim, the owner of building 3105A;
  • Ujang Solichin (and his wife Ani), the owner of building 3105B;
  • anything related to the Sumini I'm looking for.
Jalan Utan Kayu RT0013 RW011, Jakarta
The area around Utan Kayu in Jakarta has been restructured since i was born. So, the address i have does no longer correspond to the current address of the place. However, there's something peculiar about the address. According to Wereldkinderen the area RT0013 never existed in Utan Kayu. I do know, however, the name of an employee at the administration office in Utan Kayu. His name is Adang Djumanta; he's also the person who signed some documents of my birth papers.

In short, I'm seeking info about:

  • The address Utan Kayu RT0013 RW011 in Jakarta;
  • Mr. Adang Djumanta.
Well, that's all about the most important addresses I have in my documents. If there's any chance you know something about the things I mentioned above, please don't hesitate to make a comment or to mail me.

19 comments:

  1. saya prihatin dan hanya bisa mendo'akan...

    ReplyDelete
  2. bolehkah kisah anda saya masukan akun facebook saya...? alamat fb anda..?

    ReplyDelete
  3. Asal-usul dan kehidupan masa lalu kita, memang layak untuk dipertanyakan. Tetapi, jangan terlalu larut dengan masalah tersebut, karena bagaimanapun juga orang tua angkat yang telah mengadopsi anda lebih berjasa dalam membesarkan dan mendidik anda hingga bisa seperti sekarang ini.

    ReplyDelete
  4. sangat jauh dr tempat sy sbb sy ada dijogja...coba kamu cr info nomor telp kalurahan di palembang n utan kayu jkt itu mungkin disn ada riwayat n pasti mereka punya datanya...terimkasih coba kamu cek 108 cr kalurahan itu nomor telpnya berapa...

    ReplyDelete
  5. @Anonymous. facebook saya:jeroenrichard

    @Anthony. I consider orang tua saya di belanda seperti orang tua saya asli. tapi, my parents mendukung saya mencari orang tua kandung. terimakasih tuk comment km.

    @fe. terimakasih tuk advis km. pacar saya ada di indonesia. dia sudah cari nomor telp dari beberapa alamat.

    ReplyDelete
  6. Idem sama Fe. Coba ke Kelurahan, karena arsip personal warga seperti KK, KTP, dll seharusnya masih tersimpan, tidak boleh dimusnahkan. Dari situ mungkin menemukan info yang dapat lebih membantu pencarian.. Atau buat Grup di FB aja mas. Atau bisa juga dengan memanfaatkan media massa Indonesia: Koran dan TV.

    Hidup di Belanda, tapi bahasa Indonesia Anda bagus.. Salut.

    ReplyDelete
  7. Maaf 'saya Warga baru di jakrta , tidak terlalu mengenal nama2 jalan , dan miskin info , hanya doa yg dapat saya berikan , semoga allah swt memberikan petunjuk nya ,,,,blok ini saya bagikan d facebook , biar teman2 yg lain juga liat , dan dapat memberikan info ...

    ReplyDelete
  8. Saya cuma bisa berdoa (semoga kamu segera bertemu dengan orang tuamu)

    ReplyDelete
  9. saat ini saya tinggal di Kel. Utan Kayu Utara, meskipun baru setahun, kalau anda berkenan mengirimkan hasil scan akta kelahiran anda, saya bisa coba bantu bertanya dengan orang disekitar Utan Kayu, mungkin dengan orang-orang tua didaerah itu. terima kasih.
    silahkan kirim scan akta kelahiran anda ke :

    tohar1401@gmail.com

    ReplyDelete
  10. benar tuh bos, coba join di fb sama komunitas2 di daerah palembang...

    ReplyDelete
  11. Saya berdoa semoga Anda bisa segera bertemu dengan Ibu Kandung Anda. Beliau memang segalanya untuk seorang anak.
    Saya setuju dengan usul untuk menghubungi kelurahan yang memungkinkan untuk menyimpan arsip atau informasi tentang warganya. Anda bisa menghubungi Penerangan dengan nomor 108. Atau Anda juga bisa berkomunikasi dengan Bpk. Totok. Dimana ada niat tulus pasti akan selalu ada jalan dan kemudahan.
    Wish you luck =)

    ReplyDelete
  12. Saya tinggal di Palembang akan berusaha bantu, saat kuliah tahun 1995 saya mengenal keluarga etnis Jawa di Sei Pangeran yang rata-rata sudah berumur 50-70 tahun saat itu, sayangnya saat ini keluarga tsb sudah pindah dan tempat tinggalnya sudah diganti sekarang dengan Hotel Shafa Marwah.
    Mudah-mudahan ada jalan.

    ReplyDelete
  13. semoga anda cepat menemukan apa yang anda cari

    ReplyDelete
  14. coba kamu hubungi koran lokal palembang namanya sriwijaya post atau sumatera ekspress, situsnya www.sripoku.com dan www.sumeks.co.id

    semoga kamu bisa menemukan orang tuamu. eh ngomong-ngomong kamu bisa bahasa indonesia, belajar dimana, apa pekerjaanmu

    ReplyDelete
  15. saya tinggal dipalembang, saya tau lokasi itu, nanti saya akan coba cari tau, saya akan coba bantu kamu. insya allah.

    ReplyDelete
  16. @anonymous: saya sudah berusaha menghubungi koran lokal dipalembang, namun dengan keterbatasan data yang tidak kami miliki (foto), koran tersebut tidak dapat membantu kami,jadi saat ini kami (saya dan jeroen) hanya bs berusaha melalui media elektronik dan penyelidikan2 melalui sumber2 yg bs dipercaya..
    @rumah curhat: sy rencana akan berangkat ke palembang dlm waktu dekat, mungkin kita bs slg berkerjasama. ini no sy : 087881569776. tq

    ReplyDelete
  17. yang sabar ya pasti akan ada indah pada akhirnya...

    ReplyDelete
  18. Hi Jeroen. I sent you Facebook message this week as the address you mention in your post matches the address on my birth certificate. Hope I'll hear from you soon.
    Vigdis

    ReplyDelete